PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP PERTUMBUHAN IMAN MAHASISWA STFT SURYA NUSANTARA
Abstract
Teknologi pada dasarnya sangat baik dan bermanfaat dalam mempermudah komunikasih dan aktivitas manusia, namun demikian pada kenyataannya tidak sedikit manusia menyalah gunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana manfaat teknologi disesuaikan dengan iman mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Teologia Surya Nusantara (STFT SN). Mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan teknologi digital terhadap praktik keagamaan dan kegiatan ibadah mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknologi digital terhadap pertumbuhan iman mahasiswa STFT Surya Nusantara.
Full Text:
PDFReferences
Arifianto, Y. A., & Santo, J. C. (2020). Iman Kristen Dan Perundungan Di Era Disrupsi. Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(2), 149-163.
Basongan, C. (2022). Penggunaan Teknologi Menurut Iman Kristen Di Era Digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4279-4287.
Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital. Te Deum: Junal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 10(1), 107–119.
Djoys Anneke Rantung & Fredik Melkias Boiliu. (2020). Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Shanan, 4(1), 93–107.
Don Tapscott dan Anthony D. Williams, Wikinomics: How Mass Collaboration Changes Everything (New York: Portfolio, 2006), 13.
Dr. Andi Mulyadi, Spiritualitas di Era Digital, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2023), 24.
Dr. M. Zamroni, M.Si, Agama di Dunia Digital: Relasi Agama, Teknologi, dan Masyarakat, (Yogyakarta: Penerbit IAIN Sunan Kalijaga, 2022), 43.
Dr. Yohanes Subagyo, M.Th, Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Pertumbuhan iman.
Fredik Melkias Boiliu, Kaleb Samalinggai, D. W. S. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0. Jurnal Didacge, 1(1), 25–28.
Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184.
Sitorus, M. M., & Fredik M Boiliu. (2021). Kajian Perkembangan Teknologi Berdasarkan Pendidikan Agama Kristen. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 110–121.
Joy, P. D., 1, J., & Melkias Boiliu, F. (2021). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Penggunaan Teknologi Pada Anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2037–2045.
Sihotang, H. (2020). Penggunaan Media Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi Covid-19. Immanuel: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 63–75.
Sitorus, M. M., & Fredik M Boiliu. (2021). Kajian Perkembangan Teknologi Berdasarkan Pendidikan Agama Kristen. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 110–121.
Tafonao, T., Gulo, Y., Situmeang, T. M., & Ditakristi, A. H. V. (2022). Tantangan Pendidikan Agama Kristen dalam menanamkan nilai-nilai Kristen pada Anak Usia Dini di era teknologi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4847-4859.
Telaumbanua, A. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Kristen di Era Tekonologi. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 9(2), 181-196.
Refbacks
- There are currently no refbacks.